Selasa, 21 Januari 2014

CATATAN OTOMOTIG


Sabtu, 26 Maret 2011


Kumpulan Artikel Otomotif


Berikut adalah beberapa artikel otomotif yang sengaja saya kumpulkan. Ada yang beberapa artikel yang saya buat sendiri (khususnya di tips) dan lainnya googling aja (maklum yah kalau kebanyakan berbahasa Inggris).
Namun, semuanya disesuaikan dengan apa yang saya pahami dan pernah alami.
Kerja Mesin

Bagaimana kerja mesin 4-langkah (4-tak)?
Dilengkapi dengan animasi bagaimana kerjanya dan bagaimana menyetel katup buang dan isap serta menyetel mesin penggerak.
Penjelasan lebih lanjut dapat ditemui di http://www.keveney.com/otto.html dan fuel engine bible
Bagaimana Kerja Mesin 2-langkah (2-tak)?
Mesin ini paling sering dijumpai di motor era 90-an
Sistem aliran bahan bakar (bensin) dari tangki sampai karburator. Pastikan ini oke, atau mesin mobil Anda tiba-tiba mati saat melaju seperti kehabisan bensin.
Sistem pengapian
Hehehe, jadi pengen makai CDI di mobil ’77 ku, biar bisa langsung ‘jreng’ saat di starter pagi hari. Habis, masih pakai sistem mekanik dengan distributor dan coil.
Ingin tahu bagaimana cara kerja mesin bensin? baca prinsip-prinsip karburator dan setelan-setelannya. Mobilku Honda Civic’76 cukup hemat juga loh bisa 1:13 padahal CC sampai 1500cc, karena sudah dimodif menggunakan karburator kijang. Lumayan, Cimahi-Slawi 285km, isi bensin 100rb (22 lt). Masih sisa lagi.
Cara Kerja Kopling Non Full Clutch
Tips

Mesin mobil Anda tidak bisa dinyalakan? atau saat dalam perjalanan, mesin tiba-tiba mogok? Berikut adalah tips mengatasinya sebelum Anda memanggil montir
Bisa jadi akibat sekering, mesin mobil mati
Menghemat bensin dengan setelan karburator. Pengalaman mas Moel ngoprek motornya
Mengetahui setelan campuran bensin-udara dengan melihat kondisi dan warna busi. Kondisi busi yang kering, hitam mengindikasikan too-rich, sedangkan busi yang putih atau abu-abu terang mengindikasikan too-lean. Yang seimbang adalah abu-abu kecoklatan
Mengganti ignition coil
Onderdil

Busi atau istilah tekniknya spark plug untuk pengapian
CDI atau Capacitor discharge ignition
Prinsip-prinsip dasar CDI. Hey, ada rangkaian CDI yang bisa diimplementasikan loh, di sini. Tapi belum mudheng.
Ignition coil yang mengubah tegangan 12Volt dari aki jadi tegangan 40 kVolt untuk didistribusikan ke busi lewat distributor. Bagaimana dalamannya coil ini dapat dilihat di sini
Distributor. Pendistribusi tegangan tinggi dari koil ke busi untuk pengapian
Diposkan oleh DANU SAYANG PINTA di 08.35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar